(024) 8312017) / (024) 8443135 radiologi@fk.undip.ac.id

Kuliah Tamu Dr.dr.Rusli Muljadi, Sp.Rad(K)

Saat ini penyakit kardiovaskuler menjadi salah satu penyebab kematian yang utama di banyak  negara, salah satunya di Indonesia dimana angka kematian yang disebabkan oleh jantung mencapai angka satu juta lebih kasus. Penyakit jantung itu sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor diantaranya keturunan, usia, jenis kelamin, dipicu oleh stress, merokok,mengidap kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes hingga obesitas.

Sejauh ini belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan secara permanen, tetapi sudah banyak peningkatan teknologi untuk mengetahui sejak dini pencitraan yang muncul pada gejala penyakit jantung sehingga bisa dilakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi resiko kematian.

Salah satu bentuk perkembangan pencitraan jantung yang saat ini digunakan adalah CT Cardiacadalah pemeriksaan pencitraan jantung menggunakan teknologi CT (Computerized Tomography) dengan cairan kontras untuk visualisasi anatomi jantung, sirkulasi koroner dan pembuluh-pembuluh darah besar jantung. CT Cardiac yang disebut juga CT Angiografi adalah modalitas pencitraan terbaik untuk mendapatkan visualisasi arteri koroner mayor.

Pada kegiatan kuliah dosen tamu dengan tema ”Cardiac CT Imaging” ini akan dilaksanakan pembahasan yang lebih terperinci untuk prosedur pemeriksaan CT Cardiac dimana pasien merasa nyaman, tanpa rasa kesakitan dan akan didapatkan gambaran pencitraan yang maksimal.

Tujuan Pelaksanaan Kuliah Dosen Tamu “Cardiac CT Imaging” adalah:

  1. Untuk mengetahui bahwa pemberian kontras intravena memungkinkan visualisasi arteri-arteri koroner dengan resolusi tinggi dengan waktu pemindaian singkats erta noninvensif
  2. Melihat hasil pemeriksaan CT cardiac yang memiliki sensitivitas 96% dan spesifitas 86%
  3. CT Cardiac diharapkan dapat menghasilkan pemeriksaan jantung menyeluruh dengan menggunakan waktu satu denyutan jantung / 4D CT

 

DOKUMENTASI

Moderator: dr. Maria Octaviani Purwantoro

Acara dibuka oleh moderator, yaitu dr. Maria Octaviani Purwantoropada pukul 08.00WIB, dan dihadiri oleh peserta secara offline di Ruang Diskusi bagian Radiologi maupunonlinemelalui aplikasi Zoom.

 SAMBUTAN KETUA PROGRAM STUDI RADIOLOGI UNDIP

  dr. Sukma Imawati, Sp.Rad (K)

PRESENTASI KULIAH MATERI I

“Overview Cardiac CT dan Post Processing”

WORKSHOP ONLINE

PRESENTASI KULIAH MATERI II

Calcium Score”

  SESI TANYA JAWAB DAN DISKUSI

 

Sesitanyajawabdandiskusidilakukansecaraonline,bagipesertaonlinedapatmengajukanpertanyaan baikmelaluifasilitaschatZoommaupunbertanya secaralangsung.

Pada sesi tanya jawab dan diskusi kali ini terdapat lima pasrtisipan yang memeberikanpertanyaan baik melalui chat zoom maupun langsung bertanya , yang masing-masing daripertanyaantersebut dijawablangsungoleh Dr.dr.Rusli Muljadi, Sp.Rad(K)

PENUTUPAN ACARA OLEH Dr. dr. BambangSutoto, Sp.Rad (K), M.Kes