(024) 8312017) / (024) 8443135 radiologi@fk.undip.ac.id

Kuliah tamu Dr.dr. Harry Galuh Nugraha, Sp.Rad(K)

Pemeriksaan radiologi adalah pemeriksaan untuk mendiagnosis dan menunjang proses medis. Pemeriksaan tersebut berguna untuk membantu dokter melihat kondisi bagian dalam tubuh pasien. Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat beberapa jenis pemeriksaan radiologi baik untuk mendiagnosis penyakit maupun membantu prosedur medis, diantaranya Foto Rontgen, Fluoroskopi, Ultrasonografi (USG), Computed Tomography Scan (CT Scan). Magnetic Resonance Imaging (MRI), Pemeriksaan Nuklir dan radioterapi.

Pemeriksaan radiologi tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja. Pemeriksaan ini juga dapat dilakukan pada anak, terutama jika ada indikasi yang menyertainya. Dan karena yang diperiksa adalah anak-anak, maka dosis radiasi yang digunakan juga sangat kecil agar tidak membahayakan. Dalam bidang radiologi, terdapat subspesialisasi yang mempelajari secara khusus penanganan radiologi terhadap anak yaitu Radiologi Pediatric.

Mengapa pemahaman radiologi pediatric membutuhkan pemahaman secara khusus karena ada beberapa kondisi pencitraan yang melibatkan janin, bayi dan anak itu berbeda. Keistemewaan tersebut harus memperhitungkan dinamika tubuh yang sedang tumbuh, dari bayi premature hingga remaja besar, dimana organ-organ tersebut mengikuti pola dan fase pertumbuhan. Ini membutuhkan pencitraan dan perawatan khusus.

Untuk memperluas pemahaman materi dan perkembangan dari radiologi pediatric, maka akan dilaksanakan kuliah dosen tamu dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang tersebut.

Tujuan Pelaksanaan Kuliah Dosen Tamu “Radiology For Pediatric” adalah:

  1. Meningkatkan kemampuan mendiagnosis kondisi pediatric
  2. Belajar mendapatkan gambaran pencitraan yang sesuai dan dibutuhkan
  3. Mengetahui masalah keamanan dan perlindungan radiasi yang tepat untuk anak-anak
  4. Menumbuhkan minat untuk mempelajari lebih lanjut tentang radiologi pediatric

 

Moderator: dr. Maria Octaviani Purwantoro

Acara dibuka oleh moderator, yaitu dr. Maria Octaviani Purwantoro pada pukul 09.00 WIB, dan dihadiri oleh peserta secara offline di Ruang Diskusi bagian Radiologi maupun online melalui aplikasi Zoom.

SAMBUTAN KETUA PROGRAM STUDI RADIOLOGI UNDIP

dr. Sukma Imawati, Sp.Rad (K)

PRESENTASI KULIAH MATERI I

Pulmonary Embryology and Clinical Relevance

PRESENTASI KULIAH MATERI II

Neonatal Intestinal Obstruction

SESI TANYA JAWAB DAN DISKUSI

Sesi tanya jawab dan diskusi dilakukan secara online, bagi peserta online dapat mengajukan pertanyaan baik melalui fasilitas chat Zoom maupun bertanya secara langsung.

Pada sesi tanya jawab dan diskusi kali ini terdapat lima pasrtisipan yang memeberikan pertanyaan baik melalui chat zoom maupun langsung bertanya , yang masing-masing dari pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh Dr.dr. Harry Galuh Sp.Rad(K).

SAMBUTAN PENUTUPAN OLEH dr. Farah Hendara Ningrum , Sp.Rad (K) & PENUTUPAN